Starberita – Medan, Malam ini, Walikota Medan, Drs H Rahudman Harahap MM, akan menerima penghargaan Information, Communication and Technology (ICT) Pura 2012 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai pemenang penghargaan khusus daerah yang giat menggalakkan ICT.


“Insya Allah penghargaan itu langsung akan diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring, di Ball Room Grand Aston Hotel Medan,” sebut Kepala Bagian Humasy Sekretariat Daerah Kota Medan, Budi Hariono SSTP MAP, Kamis (18/10).

Budi menyebutkan, penghargaan yang diterima ini adalah untuk yang kedua kalinya bagi Kota Medan dalam ICT Pura, karena sebelumnya pada Desember 2001 Walikota juga menerima penghargaan yang sama kategori utama.


Penghargaan khusus daerah giat menggalakkan ICT ini diperoleh, kata Budi, tidak terlepas dari komitmen Walikota dalam membangun dan mengembangkan ICT di Kota Medan. Hal itu, sambung Budi, bisa dilihat dengan disediakannya jaringan broadband (fiber optic) serta banyak membangun perangkat keras (hard ware) seperti website, running tex, tivi digital serta perangkat keras lainnya.


 “Selain itu Walikota juga membangun piranti lunak (soft ware) seperti pembuatan system aplikaasi yang dibangun di jajaran  Pemko Medan secara elektronik, termasuk pemberdayaan SDM dalam rangka melek teknologi. Sampai saat ini sudah terbangun layanan internet di 21 kecamatan dan 151 kelurahan, ditambah lagi dengan layanan internet  di jajaran SKPD baik dinas, badan maupun sekretariat,” ungkapnya.


Layanan internet ini, jelas Budi, didukung lagi dengan mobile pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang terus mobile, terutama di kawasan blank spot (sukar terjangkau sinyal). “Malah untuk 2013, Walikota telah merencanakan untuk membangun system koneksi intranet. Dengan sistem ini, masing-masing SKPD bisa mengakses data maupun informasi dari SKPD lainnya di lingkungan Pemko Medan. Langkah ini dilakukan Walikota untuk memperkuat system Elektronik Government,” terangnya.


Jika sistem koneksi internet ini sudah terbangun, sambung Zulkifli, maka akan terjadi efisiensi yang tinggi di bidang surat menyurat. Artinya, tidak perlu dilakukan lagi surat menyurat antar dinas dan pekerjaan akan semakin mudah, cepat dan tidak mengenal jarak maupun waktu. “Kita berharap agar program ini secepatnya terealisasi,” harapnya.


Selain mendapatkan penghargaan khsusus daerah yang giat menggalakkan ICT, tambah Budi, Pemko Medan melalui Dinas Kominfo juga mendapatkan penghargaan USO Award 2012 dari Kementrian Kominfo. “Pengghargaan ini diperoleh setelah Kementrian Kominfo melakukan penilaian di seluruh wilayah di Indonesia,” ujarnya.


Sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan Medan, Ir H Zulkifli Sitepu MM, menjelaskan penghargaan ini diterima berdasarkan surat yang diterima dari Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Sekretariat Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementriaan Komunikasi dan Informatika RI No. B-631/KOMINFO/DJPPI/PR.01.03/10/12 yang ditandatangani Plh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Sutarman.


Sedangan penghargaan  USO Award 2012, lanjut Zulkifli, diperoleh berkat upaya yang telah dilakukan Dinas Kominfo dalam  pemanfaatan program KPU/USO yakni kewajiban pelayanan umum. Hal ini terkait kerjasama antara Kementerian Kominfo dengan Dinas Kominfo Kota Medan, teerutama menyangkut bantuan-bantuan pembangunan hot spot di ibukota provinsi Sumatera Utara dalam rangka melek teknologi. (TRI/YEZ)

Beri Komentar


Security code
Refresh