alt

Starberita - Aceh Timur, Lauching gerakan tanam kedelai nasional di Gampong Peunaron Baru Kecamatan Peunaron Kabupaten Aceh Timur Sabtu 15/12/12.Sesuai dengan pogram pemerintah dalam hal mencanangkan program swasembada kedalai Indonesia pada tahun 2014 mendatang.
Kehadiran Menteri pertanian Dr Ir Suswono MMA, turun langsung ke daerah di Kabupaten Aceh Timur, Propinsi Aceh. Dalam Launching perdana penanaman kedelai di Desa Peunaron, Suswono mengajak masyarakat lebih semangat dalam menanam Kedelai.

Sebelum Menteri pertanian RI sampai ke Aceh Timur, lebih duluan menginap di Medan Sumatra Utara, selanjutnya menteri pertanian RI menuju ke tempat launching perdana penanaman kedelai di Gampong Peunaronn yang dijemput oleh Gubernur Aceh H Zaini Abdullah disalah salah satu Hotel di Medan.

Dalam sambutan Bupati Aceh Timur Hasballah Bin M Thaib (Roky)n menyampaikan kepada peserta masyarakat tani yang hadir pada kesempatan ini, dengan kehadiran Menteri Pertanian RI, semoga apa yang dicanagkan oleh Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan produksi kedelai Khususnya di Aceh Timur dapat terwujut. "Saya sangat senang dengan kehadiran mentri pertanian RI pada hari Sabtu 15/12/12 untuk melakukan penanaman perdana digampong Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur ini. bupati melaporkan, banyaknya lahan yang masih terlantar di Kabupaten ini yang belum di lakukan produksi lahan pertanian, dikarenakan didaerah Kabupaten ini masih membutuh dukungan dari pemerintah pusat",ujarnya.
 
Bupati Aceh Timur Hasballah Bin M Thaib menambahkan, ia termasuk petani kedelai, ia dapat membiaya pendidikan sekolah dasar dan SMP serta ke pendidikan Agama di salah satu pesantren di Aceh Timur, dengan menanam kedelai.

Sementara itu Gubernur Aceh, H Zaini Abdullah optimis krisis kedelai yang melanda berbagai daerah di Indonesia tidak akan terjadi di Aceh. “Produksi kedelai Aceh terus meningkat dan berkembang cukup baik dan mampu memenuhi kebutuhan lokal, hal ini dikarenakan pada tahun 2012 ini produksi kedelai di Aceh diperkirakan mencapai 99 ribu ton yang dihasilkan dari lahan seluas 67 ribu Hektar”, jabarnya
 
Masyarakat sudah siap melakukan tanam kedelai sesuai dengan pogram pemerintah demi meningkatkan pendapatannya, supaya tercapai produksi kedelai di Indonesia, pemerintah dalam gerakan Tanam Keudelai Nasional membiaya kebutuhan petani dan peralatan yang dapat memudahkan proses pertanian.maka untuk itu mentri mengajak masyarkat tani jangan patah semangat dalam menanam kedelai

Menteri Pertanian  mengajak masyarakat petani yang ada diseluruh Indonesia untuk dapat meningkatkan kedelai, sesuai pogram pemerintah RI dalam gerakan tanam kedelai nasional, untuk itu pihak perusahan BUMN dan Suwasta agar dapat bekerja sama dalam menjalankan pogram pemerintah dengan masyarakat, yang sangat Ia meyayangkan di Kabupaten Aceh Timur ini masyarakat sudah fokus terhadap menanam kelapa sawit, didalam sawahpun mulai ditanam sawit.
 
Ia melanjutkan, apa bila pupuk subsidi di Aceh Timur ada yang menimbun sehingga terjadi kelangkaan maka ini harus ditindak tegas, kalaupun ada pihak distributor yang memainkan pupuk akan diproses hukum. "Apabila hal ini terjadi Aceh Timur secepatnya  melaporkan pada pada nomor yang tadi saya sampaikan,” tegas menteri.
 
Sementara tujuan dari pencanangan gerakan tanam kedelai ini menurut Kabalitbang Pertanian adalah untuk memperluas areal tanam kedelai, mendesiminasikan teknologi produksi benih kedelai berkualitas, membangun sistem Jalur Benih Antar Lapang dan Antar Musim (JABALSIM) guna mewujudkan kemandirian benih kedelai. Dia juga menambahkan bahwa Gerakan Tanam Kedelai Nasional di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh merupakan langkah awal, dan nantinya akan diikuti oleh 6 provinsi lainnya yaitu Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.(Mad/MBB)

Beri Komentar


Security code
Refresh