Starberita - Medan,  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara menerima mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014 menggunakan dua jalur, yakni jalur prestasi akedemik dan ujian tertulis.
Menurut Pembantu Rektor II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara, Prof Dja’far Siddik, seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) tahun 2013, akan dilaksanakan memakai dua jalur yakni jalur prestasi akedemik dan jalur ujian tertluis.

Ia menjelskan bahwa jalur prestasi akedemik akan dimulai pendaftaran pada 13 Februari 2013 sampai 21 Maret 2013. Kemudian untuk seleksinya akan dilakukan 22 Maret hingga 21 Mei 2013, dan pengumumumanya akan dilaksanakan 31 mei 2013.“Pendafatran untuk jalur prestasi akademik ini bisa dilakukan secara online di website http://www.spmb-ptain.ac.id,” katanya.

Ia mengatakan, untuk biaya pendaftaran SPMB-PTAIN jalur prestasi akedemik tahun 2013 ini ditanggung oleh pemerintah. Dengan demikian, sekolah/madrasah yang memberi rekomendasi dan siswa pelamar tidak dikenakan biaya pendaftaran.“Artinya pelamar siswa yang ingin mengikuti jalur prestasi akedemik di PTAIN termasuk di IAIN-SU harus bisa melampirkan persyaratan yang telah ditentukan dari pusat,” katanya.

Ketentuan umum dan persyaratan untuk jalur prestasi akedemik ini, kata dia, sekolah/madrasah asal siswa harus sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah, kemudian siswa yang ikut seleksi harus yang didaftarkan oleh kepala sekolah masing-masing.

Kedua, sekolah/madrasah tingkat SMA/MA harus mengajukan permohonan kepada ketua panitia pelaksana SPMB-PTAIN 2013, dengan menyertakan profil sekolah melalui laman resmi website http://www.spmb-ptain.ac.id.“Inilah ketentuan umum yang harus dilakukan pihak sekolah untuk mengikutkan siswanya di SPMB-PTAIN, dan yang utama siswa harus lulus UN 2013,” katanya.

Sementera itu, untuk jalur ujian tertulis, lanjut dia, pendaftaran dilakukan secara online di http://www.spmb-ptain.ac.id, mulai 6 Mei hingga 15 Juni 2013.(ULF/MBB)

Beri Komentar


Security code
Refresh



>