Starberita - HARARE Jumat, 8 Maret 2013, para pemburu berhasil menangkap tiga singa pembunuh di dekat pinggiran kota Kariba, di utara Zimbabwe. Selain ditangkap, tiga ekor singa yang diketahui sudah membunuh dua orang ini juga dibunuh.

Departemen Satwa Liar Zimbabwe sebagaimana dikutip kantor berita AP hari Jumat menyebutkan, singa betina dan dua anak singa berusia antara dua sampai tiga tahun itu berhasil masuk dalam perangkap dan kemudian disuntik mati pada hari Kamis malam.

Tiga ekor singa ini lolos hari Selasa lalu dari sebuah konservasi di sana. Dua singa muda itu berukuran tiga perempat dibanding tubuh singa betina induknya. Dijelaskan, sang induk pincang karena cedera di salah satu kakinya saat meloloskan diri melewati perangkap kawat yang dipasang pemburu liar untuk menangkap binatang yang lebih kecil.

Cedera itu membuat singa tadi tetap berada di sekitar kawasan Mahombekombe, di pinggiran Kariba. Singa-singa ini membunuh seorang laki-laki pada hari Selasa begitu lolos dari konservasi. Satwa buas itu kemudian menyerang dan membunuh seorang perempuan yang sedang bersama rekan laki-lakinya di sebuah taman.

Si laki-laki berhasil lolos tanpa cedera. Hari Rabu, para pemburu dikerahkan ke kawasan di seputar danau Kariba, sebuah bendungan pembangkit listrik yang juga dikenal sebagai lokasi pemancingan dan turisme. Semua warga di sana diingatkan untuk tidak keluar rumah dan jangan berada di kawasan semak belukar yang memungkinkan singa menyerang mereka.

Seekor zebra yang biasanya menjadi mangsa singa terpaksa dibunuh untuk mengumpan tiga singa ini. Seorang pria yang menjadi korban singa ini diperkirakan berusia 70 tahun yang sedang berjalan ke sebuah bar di pingkiran kota.

Sementara korban perempuan diduga berada bersama pacarnya di sebuah taman yang kemudian diserang singa. Singa biasanya tidak menyerang seeorang dekat dengan lokasi permukiman.

Sebelumnya, seekor gajah liar mengamuk di pinggiran Kariba menyebabkan sejumlah orang tewas. Para korban biasanya mereka yang keluar larut malam ke bar atau kafe. Kemarin, pihak berwajib mengimbau para penghuni Kariba untuk tidak keluar malam selama singa-singa tadi masih bebas berkeliaran. (NET)

Beri Komentar


Security code
Refresh