Starberita - Seoul, Korea Utara (Korut) mempersiapkan parade militer besar-besaran untuk memperingati hari lahir mendiang Presiden Kim Il-Sung pada hari ini yang ke-101. Korut sebelumnya juga menolak tawaran dialog dengan Korea Selatan (Korsel) yang ditujukan untuk meredakan ketegangan antar dua negara tersebut.

Perayaan hari ulang tahun (HUT) Kim Il-Sung dilaksanakan di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Pada pekan lalu, Korut dengan menyuarakan ancaman serangan nuklirnya ke Jepang dan beberapa negara lainnya.

"Kami akan memperkuat kuantitas senjata nuklir kami yang merupakan harta karun bagi kesatuan Korea. Senjata itu tidak akan pernah bisa dibarter dengan apapun," ujar Presidium Jalesi Rakyat Korut Kim Yong-Nam saat mengadakan pertemuan menjelang HUT Kim Il-Sung, seperti dikutip Reuters, Senin (15/4/2013).

Parade-parade militer dalam skala besar merupakan hal yang umum dilaksanakan Korut untuk merayakan ultah pemimpinnya. Dalam pidatonya, Kim Yong-Nam juga menyinggung kinerja yang sudah dilakukan Kim Il-Sung selama dirinya masih hidup.

Perayaan HUT Kim Il-Sung akan dilaksanakan hingga tengah malam waktu setempat. Pemimpin Korut Kim Jong-Un yang tak lain adalah cucu Kim Il-Sung pasti menghadiri prosesi tersebut bersama para pejabat tinggi serta jendral-jendral besarnya.

Korut sebelumnya diprediksi akan meluncurkan misil jarak menengahnya pada hari ini. Namun belum ada pengumuman resmi dari Korut mengenai peluncuran misil tersebut. Negeri komunis Korea itu sebelumnya hanya mengatakan bahwa mereka akan melakukan serangan misil yang "kuat."(RTR/ARS)

Beri Komentar


Security code
Refresh