Starberita - Batubara, Pada tahun 2013 ini sekitar 7 daerah tingkat dua di Sumatera Utara akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), salah satunya Kabupaten Batubara.

Bagi calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan yang mengikuti Pilkada di kabupaten termuda di Sumatera Utara ini sekurang-kurangnya harus mendapatkan dukungan 18.761 pemilih atau lima persen dari 375.221 penduduk di Baubarat.

“Dukungan tersebut dibuktikan dengan melampirkan salinan atau fotokopi kartu tanda penduduk dari masing-masing pendukung yang tersebar minimal di empat kecamatan,” sebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara, Khairul Anwar, Sabtu (20/4).

Persyaratan bagi calon perseorangan itu, kata, Khairuk, telah diatur melalui Surat Keputusan KPU No. 5/kpts/KPU-Kab-002.964812/2013.

Selain itu, sebut Khairul, calon perseorangan tidak dibenarkan mencari dukungan dari kalangan PNS. "Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS," katanya.

Disebutkan, KPU Kabupaten Batubara menerima salinan bukti dokumen dukungan dari calon bupati dan calon wakil bupati mulai 22 hingga 26 April 2013.

“Verifikasi dokumen dukungan terhadap calon bupati dan calon wakil bupati yang maju dari jalur perseorangan akan dilakukan mulai dari tingkat kecamatan hingga desa,” ujarnya.

Dari hasil verfikasi dokumen tersebut, tambah Khairul, selanjutnya KPU akan mengumumkan apakah bakal calon bupati dan calon calon wakil bupati telah dinyatakan memenuhi syarat atau tidak layak maju dari jalur perseorangan. (ant/YEZ)

Beri Komentar


Security code
Refresh


>