Staraberita – Medan, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) belum dapat menerbitkan surat Buku Kepemilikan Kenderaan Bermotor (BPKB) bagi pemilik kenderaan baru. Pasalnya, blanko BPKB di Direktorat Lalu Lintas Poldasu kosong hingga Juli 2013.  
“Kekosongan itu disebabkan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut belum mendapatkan blanko BPKB dari Jakarta,” kata Kepala Sub Bidang Pengelola Informasi dan Data Bidang Humas Poldasu, AKBP MP Nainggolan, Kamis (25/4).
 
Saat ini, kata Nainggolan, Korps Lalu Lintas Mabes Polri sedang melakukan proses tender pengadaan blanko BPKB untuk didistribusikan ke seluruh Polda di tanah air. “Proses tender tersebut akan segera dituntaskan, sehingga pengadaan BPKB itu sudah dapat direalisasikan pada Juli 2013. Jadi, bulan Juli nanti sudah sampai ke daerah,” katanya.
 
Sambil menunggu proses tender pengadaan tersebut, sebut Nainggolan, pihak kepolisian mengeluarkan surat keterangan sementara bagi masyarakat yang mengurus BPKB. “Jika BPKB-nya sudah tiba, surat keterangan itu akan dicabut,” sebutnya.
 
Nainggolan menambahkan, kekosongan di Direktorat Lalu Lintas Poldasu hanya BPKB, sedangkan blanko Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) masih tersedia, sehingga tidak menghalangi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan.

“Walaupun blanko BPKB kosong, kita tidak mendapatkan rasa keberatan dari masyarakat, terutama dari kalangan pengusaha atau dealer kendaraan, karena kondisi ini sebelumnya sudah disosialisasikan ke dealer,” ungkapnya.(ant/Tri/MBB)

Beri Komentar


Security code
Refresh