Starberita - Jakarta, Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan laju inflasi di April 2013 jauh lebih rendah bila dibandingkan Maret 2013. Alasannya adalah turunnya beberapa komoditas pangan yang dipicu oleh kebijakan importasi dari pemerintah.
"Dari data yang kita dapatkan sampai minggu ketiga kita masih punya satu minggu lagi, itu banyak yang sudah menurun apakah itu hasil kebijakan pemerintah. Kemungkinan deflasi ada dan inflasi kecil bisa terjadi," tutur Kepala Pusat BPS Suryamin saat ditemui di Hotel Media, Jakarta, Jumat (26/04).

Ia mengungkapkan, beberapa komoditas seperti bawang merah walaupun masih tinggi harganya tetapi sudah bergerak turun dan kemudian harga bawang putih sudah turun secara drastis. Khusus untuk daging sapi juga menurun tingkat kenaikan harganyanya dan beras juga. "Mudah-mudahan lebih rendah namun angkanya berapa saya belum bisa katakan," katanya.

Kemudian ia menjelaskan secara garis besar 12 dari 22 komoditi pangan yang dimonitor BPS, cenderung mengalami penurunan sehingga ia meyakini inflasi April tidak sebesar Maret 2013. "Mudah mudahan kurang dari 0,63 (inflasi Maret 2013) banyak yang turun, dari 22 komoditas, 11-12 komoditi turun walaupun masih ada yang naik seperti bawang merah tetapi kenaikan terus turun atau deflasi. Tetapi karena rata-rata masih naik tetapi cendrung turun," tekannya.

Sementara itu, ia juga memaparkan rencana pemerintah yang akan menaikkan harga BBM subsidi. Dikatakannya, kenaikan harga BBM subsidi akan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap harga beberapa barang.

"Yang (naik) untuk mobil plat hitam saja kan tetapi berapa persennya itu kita lihat, karena inflasi tidak hanya dihitung dari itu saja (konsumsi BBM) tetapi dari komoditi yang lain apakah dari beras, minyak goreng, daging, ayam dan bawang," kata Suryamin.

"Kalau semuanya bisa dikontrol untuk turun nanti ada hasilnya. Pengaruhnya ada tetapi berapa besaran biayanya belum ada. Kalau dilihat maka dampak ke bisnis dengan menggunakan BBM yang kena hanya plat hitam aja. Artinya semua barang saja sekarang sudah naik itu yang harusnya tidak ada," jelasnya.(dtf/mbb)

Beri Komentar


Security code
Refresh


>